Jawaban Soal Essay Informatika Kelas 8 Analisis Data

 Archie kenzie Danendra 8A/07

  1. Apakah tujuan belajar analisis data? Adapun tujuan dari analisis data adalah untuk mendeskripsikan data sehingga bisa di pahami, lalu untuk membuat kesimpulan atau menarik kesimpulan mengenai data yang didapatkan dari sampel. Biasanya ini dibuat berdasarkan pendugaan dan pengujian hipotesis.
  2. Bagaimana mengakses, mengolah, dan mengelola data yang cukup banyak
    sehingga dapat dianalisis secara efisien, terstruktur dan sistematis?
    menatapkan data, mengumpulkan data, analisis data
  3. Jelaskan fungsi untuk pencarian data (Vlookup, Hlookup) menurut kamu! VLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal. HLOOKUP digunakan untuk menampilkan data dari sebuah tabel yang disusun dalam format horizontal.
  4. Apa yang dimaksud dengan Pivot table?  PivotTable adalah alat  untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data
  5. Apa yang dimaksud dengan SUMIFS dan COUNTIFS? COUNTIFS untuk menghitung jumlah data pada range tertentu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. SUMIFS untuk menguji beberapa kondisi dan mengembalikan nilai berdasarkan kondisi tersebut.
  6. Apa yang dimaksud dengan peringkasan data? PERINGKASAN DATA. Data yang telah dikumpulkan, baik berasal dari populasi ataupun dari sampel, untuk keperluan laporan dan atau analisis
  7. Mengapa analisis data penting dikuasai oleh siswa kelas 8? Analisis berfungsi untuk menguraikan sesuatu menjadi komponen-komponen kecil yang diketahui hubungan-hubungannya. Kemudian uraian komponen tersebut dapat lebih mudah dipahami, baik setiap bagiannya maupun secara keseluruhan. Analisis bertujuan untuk memperoleh pemahaman lebih mendetail mengenai suatu hal.
  8. Bagaimana langkah-langkah membuat grafik di microsoft excel? 1. Sorot (blok) terlebih dahulu tabel yang akan dibuat grafik 2. Klik menu ribbon Insert 3. Pilih salah satu menu Chart yang sudah tersedia (misalkan column 3D) 4. Setelah terpilih, grafik akan tampil secara otomatis
  9. Apa yang dimaksud dengan pencarian data? Searching (Pencarian Data) sering juga disebut table look-up atau storage and retrieval information adalah suatu proses untuk mengumpulkan sejumlah informasi di dalam pengingat komputer dan kemudian mencari kembali informasi yang diperlukan secepat mungkin.
  10. Apa yang dimaksud dengan visualisasi data? Visualisasi data adalah proses menggunakan elemen visual seperti diagram, grafik, atau peta untuk merepresentasikan data.
  11. Apa yang dimaksud dengan pengelolaan data? Pengolahan data adalah suatu proses pengubahan data mentah menjadi informasi yang bermanfaat.
  12. Apa yang dimaksud dengan Fungsi Lookup ? Fungsi lookup digunakan untuk membaca data dari suatu tabel atau untuk memindahkan data dari tabel yang satu ke tabel yang lain.
  13. Dapatkah kalian menjelaskan perbedaan fungsi match, choose, dan
    index? Kira-kira, kapan kalian akan memakainya?
     fungsi INDEX sendiri digunakan untuk mengambil nilai sel dalam tabel berdasarkan kolom dan baris, fungsi MATCH untuk mencari posisi sel dalam baris atau kolom, Gunakan CHOOSE untuk memilih satu dari hingga 254 nilai berdasarkan jumlah indeks, saya akan memakainya kalau lagi membuat grafik excel
  14. Apakah kedua fungsi SUMIFS dan COUNTIFS ini memudahkan kalian
    dalam meringkas data?
    iya karena COUNTIFS dapat menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. SUMIFS dapat menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria.
  15. Dari antara fungsi SUMIFS dan COUNTIFS, fungsi manakah yang lebih
    sulit digunakan?
    SUMIFS
  16. Menurut kalian, apakah penggunaan absolute references berguna dalam
    penerapan fungsi SUMIFS dan COUNTIFS? Jelaskan! iya karena COUNTIFS dapat menerapkan kriteria ke sel dalam berbagai rentang dan menghitung berapa kali semua kriteria dipenuhi. SUMIFS dapat menambahkan sel dalam rentang yang memenuhi beberapa kriteria.
  17. Apakah kalian senang dan tertantang belajar materi analisis data ini? Iya karena saya bisa mendeskripsikan data sehingga saya bisa paham
  18. Kesulitan apa yang kalian alami ketika membuat lembar kerja secara
    unplugged (tanpa komputer)? capek nulis
  19. Mengapa fungsi untuk meringkas itu dinamakan “PIVOT”? Carilah makna kata pivot, dan jelaskan relasinya dengan fungsi pivot Excel! PivotTable adalah alat  untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data
  20. Apakah kalian dapat memahami kegunaan pivot table satu dimensi dan
    pivot table dua dimensi yang sudah dipraktekkan di kegiatan ini? iya

Comments

Popular posts from this blog

Yang saya dapat waktu MPLS

Artificial Intelegence -Archie Kenzie D. 7F

Hari Pertama PTM (Archie Kenzie Danendra 7F absen 03)