Pertemuan Pertama Semester 2

 ada 8 elemen informatika

1. Berfikir Komputasional (BK)

2. teknologi informasi dan komunikasi

3. sistek komputer (SK)

4. jaringan komputer

5. analisis data

6. algoritma & pemograman  (ap)

7. dampak sosial informatika (dsi)

8. praktik lintas bidang (plb)


dari 8 elemen diatas semuanya ada dalam buku informatika

https://buku.kemdikbud.go.id/katalog/informatika-untuk-smp-kelas-viii


hari ini kami belajar bab 6 tentang analisis data halaman 113

Apa itu analisis data

Analisis data adalah suatu proses atau upaya untuk mengolah data menjadi informasi yang baru. Proses ini cukup penting agar karakteristik data bisa menjadi lebih mudah untuk kita mengerti dan berguna sebagai solusi untuk suatu permasalahan khususnya kalau itu berkaitan dengan penelitian.


Tujuan belajar analisis 

data adalah untuk mampu mengakses, mengolah, mengelola dan menganalisis data secara efisien, terstruktur, dan sistematis sehingga kalian dapat mencari, meringkas, dan memvisualisasi sekumpulan data dari situasi kehidupan sehari-hari dengan menggunakan aplikasi pengolah lembar kerja atau secara manual.

PENCARIAN DATA

Pencarian data di dalam lembar kerja dapat dilakukan dengan menggunakan fungsi. Pada saat kalian mencari data, ada dua kemungkinan yang dapat diperoleh, yaitu data yang dicari ditemukan (kondisi benar atau TRUE) atau data yang dicari tidak ditemukan (kondisi salah atau FALSE). Fungsi yang dapat digunakan terdiri atas dua kelompok, yaitu: fungsi lookup dan fungsi reference.


VISUALISASI DATA

Data yang disusun dalam bentuk tabel dapat ditampilkan dalam bentuk grafik atau chart. Inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data memudahkan untuk memahami makna data yang ada, biasanya kegiatan ini disebut dengan analisis data.


PERINGKASAN DATA

Pada umumnya, data yang akan dikelola itu berjumlah banyak dan sulit untuk dipahami secara langsung. Dengan melakukan peringkasan data, kalian dapat melihat gambaran secara umum dari data yang dimiliki sehingga analisis data dapat dilakukan dengan lebih baik. Ada beberapa cara untuk melakukan peringkasan data, antara lain menggunakan (1) fungsi kalkulasi data berkondisi, SUMIFS dan COUNTIFS; (2) pivot tables; dan (3) tables otomatis dari perangkat pengolah data. 

 



Comments

Popular posts from this blog

Yang saya dapat waktu MPLS

Artificial Intelegence -Archie Kenzie D. 7F

Hari Pertama PTM (Archie Kenzie Danendra 7F absen 03)